Rabu, 17 September 2014

Contoh Proposal PKM-K Kedai Nongkrong Mahasiswa



RINGKASAN
Kedai HARKOS adalah konsep kedai yang dikhususkan sebagai tempat kumpul bareng   teman – teman dan keluaga yang ingin mengeratkan tali silaturahmi. Kafe ini memiliki system harga yang sangat unik dan terjangkau,kafe ini juga memiliki rasa yang khas dari pancakenya sendiri yang dapat di mixing (dicampur) sesuai selera dan minumannya tentu saja yang cocok sekali dengan makanan seperti pancake  yang disajikan  dengan  banyak rasa. Kedai HARKOS ini makanan yang disajikan mungkin jarang sekali ditemui ditempat – tempat yang sering dikunjungi pada umumnya, tetapi di Kedai HARKOS ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan tempat kuliner yang lain, selain harganya terjangkau dan tidak mengeluarkan kocek yang terlalu banyak, di kedai HARKOS ini terdapat harga yang berbeda dengan kafe pada umumnya.
Peluang membuka kafe ini masih sangat terbuka karena bagi masyarakat yang sering ngumpul dan nongkrong sambil melepas sejenak beban fikiran yang ada dengan suasana rileks, lepas, dan informal yang dinikmati sambil mengobrol, chatting/browsing internet, dan diskusi.
Menurut kami usaha ini dapat berkembang dan mencapai keberhasilan. Kami yakin usaha ini akan cepat mencapai keberhasilan karena ini memang benar-benar konsep kedai yang sangat di nanti-nantikan oleh anak muda Bandung yang memilliki jiwa kreatifitas dan sosialisasi yang tinggi.



A.    Latar Belakang Masalah
Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang banyak menjadi destinasi wisata belanja favorit, ada banyak pusat perbelanjaan maupun wisata kuliner yang ada di daerah Bandung. Data mencatat setidaknya setiap bulan ada 2800 pengunjung luar kota yang datang ke Bandung. Hal inilah yang menjadi latar belakang kami dalam membangun usaha di Bandung terutama di bidang kuliner .
Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, semakin berkembangnya zaman muncul berbagai tempat-tempat makanan yang menyajikan berbagai makanan dengan inovasi baru yang unik. Makanan yang bermutu, sehat dan bergizi serta tempat yang nyaman menjadi salah satu yang diinginkan para penikmatnya.
Selain sebagai tempat makan biasanya kafe menjadi tempat berkumpul dan bersantai, khususnya para kalangan mahasiswa maupun pegawai kantoran untuk membicarakan tentang pekerjaannya .Biasanya sekelompok orang suka berkumpul disuatu tempat yang dianggapnya nyaman serta dapat mendukung aktivitas yang dilakukannya. Pada Kedai HARKOS tidak hanya sebagai tempat untuk makan tetapi tersedia juga ruang khusus untuk belajar yang disertai dengan perpustakaan kecil yang dilengkapi fasilitas wifi sehingga menjadi tempat yang tepat untuk dikunjungi.

B.        Rumusan Masalah
Melihat latar belakang diatas maka dirumuskanlah permasalahan sebagai berikut:
1.   Bagaimana cara menarik konsumen terutama mahasiswa untuk mengunjungi
 “Kedai Pancake  HARKOS”?
2.   Bagaimana cara memberi kepuasan kepada konsumen terutama dalam hal pelayanan dan fasilitas yang kami sediakan?
3.   Bagaimana cara agar konsumen tetap mengunjungi “Kedai HARKOS”
C.       Tujuan
Tujuan  didirikannya  “Kedai HARKOS”  adalah  membuat  sebuah  dengan makanan  dan  minuman  yang  memiliki  berbagai macam  variasi, selain itu kami memiliki fasilitas wi-fi yang mempermudah pembelinya  untuk mengerjakan tugas atau hanya sekedar  santai  bersama  teman-temannya  untuk  nge band. Konsep  kedai  kami  adalah  suasananya  yang  nyaman disertai  harga  yang  murah  meriah  sesuai  dengan  harga  anak  kosan.

D.          Luaran
Luaran  yang  diharapkan  dalam  program  ini  adalah :
a.        Adanya  makanan  dan  minuman  yang  harganya  dapat  dijangkau  oleh kalangan  mahasiswa  terutama  yang  tinggal  dikosan.

b.      Menjadi  tempat  berkumpulnya  anak  muda  untuk  mengerjakan  tugas, menyalurkan  bakatnya  dalam  bidang  seni,  seperti  nge band,  berkumpul  dengan  teman-temannya  atau  sekedar  menghabiskan  waktu  di  akhir  pekan.

E.     Kegunaan

Aspek Kesehatan

Pendirian  “Kedai HARKOS”  ini  diharapkan  dapat  menyediakan  makanan  dan minuman dengan  berbagai  macam  variasi  serta  memperhatikan  nilai  gizinya
dan  dijual  dengan  harga  yang  terjangkau.  Dengan demikian  pembeli  pun  dapat  menikmati  makanan  dan  minuman  yang  sehat  tanpa  harus  mengeluarkan  biaya  yang  mahal.

Aspek Sosial - Ekonomi

Pendirian  “Kedai Pancake HARKOS”  dengan  harga  yang  relatif  murah  diharapkan
dapat  memberikan  keuntungan  kepada  pembeli  yang  kebanyakan  adalah  mahasiswa  yang  tinggal  dikosan  dengan  cara  penjualan  yang  relatif  murah  sehingga  dapat  menghemat  uang  bulanan  mereka.  Selain  itu  kedai  ini  pun  diharapkan  dapat  menjadi  sarana  pembelinya  untuk  menyalurkan  bakatnya, terutama dalam bidang  seni dan kedai  ini  diharapkan  dapat  menjadi  tempat  yang  nyaman  untuk  mengerjakan  tugas  ataupun  berkumpul  bersama  teman-teman.

F.     Gambaran Umum Rencana Usaha

A.    Nama Usaha
Usaha kuliner yang bertema “a cozy place to share” yang kami namakan “Kedai Harkos (harga anak kos)”
B.     Rencana Lokasi Usaha
Lokasi usaha yang direncanakan untuk pembuatan “Kedai Harkos” terletak di jalan  Serayu kota Bandung yang merupakan pusat factory outlet di Bandung
C.    Target Pelanggan
Target pelanggan untuk “Kedai Harkos” ini adalah para mahasiswa mahasiswi Bandung yang ingin berkumpul bersama teman-teman maupun untuk mengerjakan tugas, dan elemen masyarakat sekitar Bandung lainnya
D.    Jenis Usaha
Jenis usaha yang akan kami kelola adalah kedai yang berkonsep musik sesuai dengan jiwa anak muda Bandung yang banyak berkreatifitas lewat musik. Tentunya setiap akhir minggu kami akan mengadakan hiburan musik bagi pelanggan-pelanggan khususnya anak muda. Adapun menu yang akan kami sajikan adalah menu yang sesuai dengan dompet para mahasiswa akan tetapi kualitas dan rasa tidak jauh dengan makanan yang ada di hotel bintang lima.
E.     Faktor Penghambat dan Pendukung
Setiap usaha yang dijalankan, pasti ada yang sukses dan ada yang belum sukses seperti halnya usaha ini. Ada beberapa hal yang menurut kami akan menghambat dan sangat mendukung dalam menjalankan usaha ini.
1.      Faktor Penghambat:
-          Harga bahan baku yang tidak stabil
-          Kurangnya modal untuk mendirikan usaha ini
Tentunya kami sudah mempunyai rencana untuk memecahkan kedua faktor penghambat tersebut diantaranya membeli bahan baku langsung kepada petani setempat agar memperoleh harga yang lebih murah untuk menyiasati faktor penghambat yang pertama. Untuk yang kedua yaitu kurangnya modal, kami akan mencari beberapa investor yang berminat menanamkan modal untuk usaha kedai ini.
2.      Faktor Pendukung:
-          Tempat yang strategis
-          Harga makanan dan minuman yang terjangkau
-          Merupakan salah satu tempat yang sedang dibutuhkan anak muda Bandung saat ini

G.    Metode Pelaksanaan
Tahap Persiapan Produksi
  Pada awal ingin memproduksi terdapat beberapa persiapan-persiapan yang harus dilakukan dilakukan untuk menciptakan system produksi yang efektif dan efisien serta mampu mempertahankan mutu produk secara optimal. Persiapan tersebut seperti
·         Survei Pasar
Survei pasar dilakukan unutk mencari tempat bahan baku yang terjangkau serta berkualitas dan dapat juga mensupplai bahan baku dalam jangka panjang.
·         Media Pemasaran
Pada tahap ini suatu produk tentunya harus mempunyai Target penjualan , cara mencapai tujuan tersebut salah satunya ialah Pemasaran. Pemasaran suatu produk mempunyai peranan penting dalam angka penjualan. Pemasaran yang dapat dilakukan antara lain adalah Internet dan juga media sosial yang tersedia (Path,Twitter,Facebook dan lain-lain)
·         Pembuatan Pancake
Pembuatan Pancake dilakukan dengan beberapa alat semicam mixer dan tangan juga untuk membentuk pancake juga memasukan rasa dalam Pancake itu sendiri.
           Tahap Pelaksanaan Produksi
·         Produksi
Produksi dilakukan di Rumah Produksi(Rumah Pemilik Usaha) dengan bantuan mixer dan juga dibentuk pancake dirumah tersebut. Sesudah itu Hasil pembentukan pancake tersebut dibawa ke tempat penjualan (kedai) dan Masak Pancake tersebut di kedai
·         Pemasaran dan Target Pasar
Dengan harga yang terjangkau produk pancake mempunyai Target pasar Mahasiswa dan Publikasi Pada pancake Tersebut dapat dilakukan melalui Sarana Media Sosial
           Tahap Evaluasi
  Evaluasi kegiatan mencakup tiga aspek target eveluasi, yaitu sistem produksi, produk dan pemasaran. Evaluasi pada sistem produksi bertujuan untuk menciptakan sistem produksi yang paling efektif dan efisiem, dilakukan pada setiap bulan.

H.  Jadwal Kegiatan














I.     Rencana Biaya

a.         Investasi Awal Usaha

Biaya Perlengkapan
NO
Jenis Investasi
Kuantitas
Harga (Rp)
Jumlah Harga
1
Kios Sewa
1 Tahun
5.000.000
5.000.000
2
Brosur
150 lembar
1.000.00
150.000.00
3
Spanduk
4x 1
350.000.00
350.000.00

4
Meja

Ukuran sedang 20
50.000.00
1.000.000.00
Ukuran besar 3
100.000.00
300.000.00
5
Daftar Menu
15
15.000.00
225.000.00
6
Buku Anggaran
2 buku
10.000.00
20.000.00
7
Pena
12
2.000.00
24.000.00
8
Peralatan Masak
All Item
7.000.000.00
7.000.000.00
9
Peralatan Makan
All Item
3.500.000.00
3.500.000.00
Total Investasi
26.569.000.00


b.         Pengeluaran Modal kerja

No.
Jenis Pengeluaran
Jumlah (Rp)
1
Investasi awal
26.569.000.00
2
Kebutuhan modal kerja pertama
1.000.000.00
3
Biaya tak terduga
1.200.000.00
4
Operasional 1 Tahun
500.000.00
5
Survei ( lokasi dan barang)
500.000.00
Total kebutuhan modal kerja
38.769.000.00



J











Tidak ada komentar:

Posting Komentar